Cegah Peredaran Narkoba, Tim Gabungan Razia Lapas Banjar

0
lapas banjar

BANJAR- Peredaran narkoba di Lapas memang mengkhawatirkan, untuk mengantisipasinya aparat gabungan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis dan Satuan Narkoba Polres Banjar, merazia narkoba di Lapas Kelas III B Kota Banjar.

Dalam penggeledahan di blok C  napi narkoba tim menemukan  bekas tutup air mineral yang diduga digunakan sebagai alat nyabu. Kedatangan tim gabungan itu membuat para penghuni Lapas yang berjumlah  69 orang itu gelagapan. Satu-persatu kamar napi digeladah beserat penghuninya.

“Dari napi kami temukan lima handphone, dan kami juga melakukan tes urine kepada 50 napi yang  masih mengonsumsi,” kata Kasi Brantas BNN Kabupaten Ciamis, Kompol Ricky Lesmana yang didampingi Kasat Narkoba Polres Banjar, AKP Usep Supian dan akamtib Lapas Kelas III Banjar, Arif Hermawan. Ricky mengatakan, pihaknya belum bisa mengumumkan hasil dari tes urine 50 warga binaan itu.

Peredaran narkoba di Lapas Banjar dan Ciamis memang patut diwaspadai sebelumnya Satnarkoba Polres Ciamis mengamankan seorang perempuan berinsial IN (36), karena kepergok  membawa 11 paket sabu saat akan besuk ke Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas II B Ciamis.

Polisi saat itu berhasil menemukan 11 paket narkotika jenis sabu, seberat 7,10 gram. Sabu itu disimpan di dalam makanan kue semprong dan toples wafer stik. Sabu itu ternyata akan diberikan kepada napi berinisial RI (33) di dalam Lapas.

Polisi juga mengamankan RI pemesan sabu tersebut. Pemesannya  merupakan narapidana dalam kasus narkotika dengan vonis 5 tahun 1 bulan pada 2014 lalu.

Menurut Kapolres Ciamis Bismo Teguh Prakoso, peredaran narkoba ini merupakan jaringan narkotika antar Lapas. Karena barang tersebut dikirim dari seseorang yang kini ditetapkan dalam daftar pencarian orang (DPO) di wilayah Lapas Nusakambangan, Jawa Tengah.(*)

Arief Subekti

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here