Hari Sumpah Pemuda, PPKJ dan Dishub Ciamis Gelar Aksi Sosialisasi Keselamatan

0

CIAMIS-Dalam mengisi hari Sumpah Pemuda 28 Oktober, Dinas Perhubungan dsn Pelajar Pelopor Keselamatan Jalan (PPKJ) Kabupaten Ciamis menggelar aksi sosialisasi keselamatan di Alun-alun Banjarsari dan car free day komplek sirkuit BMX Ciamis Minggu (28/10/2018).

Aksi ini memiliki tema ‘sedikit empati dapat menyelamatkan anak bangsa dari kematian sia-sia akibat kecelakan’.

“harapannya, anak-anak maupun masyarakat membiasakan untuk tertib lalu lintas sejak dini, minimal saat naik turun angkutan umum pada halte atau terminal, saat naik harus menggynakan kaki kanan terlebih dulu dan turun dengan kaki kiri dulu, mentaati rambu lalu lintas,” ujar Sekretaris Dinas Perhubungan Ciamis Eddy Yulianto.

Berbagai kegiatan yang dilakukan dalam aksi ini seperti hadirnya maskot keselamatan jalan, permainan interaktif dengan tema lalu lintas. Terlihat anak-anak yang hadir ditempat keramaian Ciamis ini sangat antusias mengikuti permainan yang disediakan oleh para pelajar dari PPKJ Ciamis.

Sosialisasi diberikan dalam bentuk permainan interaktif agar anak-anak tidak bosan dan bisa langsung mengerti. Berbeda bila sosialisasi diberikan dalam bentuk ceramah.

“Dalam permainan diberikan sosialisasi seperti, dalam menyebrang harus dengan cara 4T yaknu tunggu sejenak, tengok kanan, tengok kiri, tengok kanan lagi. Baru menyebrang dengan hati-hati tidak perlu berlalu. Kami tekankan juga sepeda motor bukan untuk anak-anak, resikonya berbahaya,” pungkasnya. (***)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here