Perjuangan Atlet Rugby Ciamis, Pakai Uang Sendiri Demi Tampil di Porda XIII

0

CIAMIS – Cabang olahraga Rugby di Tatar Galuh Ciamis mungkin belum setenar olahraga yang lainnya, tetapi olahraga ini sudah dipertandingkan di ajang Pekan Olahraga Daerah (PORDA) ke XIII tahun 2018 di Kabupaten Bogor lalu.

Dari Ciamis sendiri mengirimkan perwakilan cabor rugby yakni tim putra dan putri serta berhasil meraih medali perunggu.

Dibalik suksesnya atlet-atlet rugby ini, tentu banyak sekali pengorbanan, suka duka mereka rasakan mulai dari berangkat dari Ciamis hingga pulang kembali ke Ciamis.

Seperti yang di ceritakan pelatih cabor Rugby Ciamis Egi Nurjaman, ia mengaku berangkat bersama timnya dari Ciamis menuju Kabupaten Bogor tanpa naungan KONI ( Komite Olahraga Nasional Indonesia ) Kabupaten Ciamis dengan menggunakan mobil bus pinjam dari Universitas Galuh (UNIGAL).

“Untuk akomodasi dan transportasi saja kita mengandalkan uang dari patungan karena harus banyar sewa bus dan di Bogor juga kita menginapnya bukan di hotel, tetapi kita sewa dua rumah milik penduduk setempat yakni buat putra dan putri”,ungkapnya.

Selain harus menyewa rumah, Egi juga bercerita saat ia bersama timnya harus berangkat dari penginapan ke venue Rugby dengan menggunakan mobil bak terbuka.

“Kita harus berangkat menggunakan mobil bak terbuka karena jalan yang dilalui hanya cukup ukuran satu mobil kecil, sedangkan kalau pake bus tidak mungkin bisa lewat”, tegasnya.

Lebih lanjut, Egi melihat mental anak asuhnya dihari pertama sempat drop karena melihat atlet dari daerah lain datang ke venue menggunakan kendaraan milik pemdanya seperti bus dan minibus tetapi atlet dari Ciamis menggunakan bak terbuka.

“Mungkin mereka merasa minder melihat atlet lain bisa menggunakan fasilitas seperti itu tetapi mereka hanya pakai bak terbuka”, ucapnya.

Egi tetap bersyukur walau dengan keadaan seadanya tetapi anak asuhnya bisa membuktikan bahwa mereka berjuang dengan hati untuk mengharumkan Kabupaten Ciamis di cabor Rugby walaupun hanya meraih medali perunggu.

“Saya berharap kedepannya para atlit ini bisa lebih baik lagi, bisa meningkat lagi hingga bisa meraih medali emas supaya masyarakat luas tahu bahwa di Ciamis juga ada cabor Rugby dan pemerintah bisa lebih memperhatikan nasib para atlet Rugbi ini”,pungkasnya. (Wawan/Galuhnews)

(Visited 4 times, 4 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here