Ini Dia, 5 Jenderal Pendukung Jokowi di Pilpres 2019

0
jenderal pendukung jokowi
@copyright jpnn.com

BERITA POLITIK Bukan hanya Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang didukung para jenderal, pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin pun sama-sama didukung orang militer.”Adu kekuatan militer” itu akan menjadi kekuatan suara bagi pasangan mereka masing-masing. Siapa saja jenderal pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019?

1. Luhut Binsar Panjaitan

Orang tak asing lagi dengan Luhut Binsar Panjaitan, lulusan terbaik Akademi Militer Nasional angkatan 1970 ini adalah ring satunya Jokowi. Dia pernah menjabat posisi sebagai kepala Staf Kepresidenan Republik Indonesia periode 2014 hingga 2015. Luhut bahkan kerap jadi juru bicara saat Jokowi diserang.

Luhut juga pernah dipercaya Jokowi untuk jadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan menggantikan Tedjo Edhy Purdijatno. Selanjutnya pada Juli 2016 Luhut diangkat menjadi Menteri Koordinator Kemaritiman menggantikan Rizal Ramli.

2. Lodewijk F Paulus

Dia adalah mantan Danjen Kopassus Letjen TNI (Purn) Lodewijk F Paulus. Lodewijk posisinya adalah Wakil Tim Kampanye Jokowi-Ma’ruf. Lodewijk F Paulus adalah Sekjen Partai Golkar yang merupakan salah satu partai pengusung Jokowi-Ma’ruf Amin.

Pria kelahiran Manado, 27 Juli 1957mantan Danjen Kopassus ke-24 menjabat sejak 4 Desember 2009 menggantikan Mayjen TNI Pramono Edhie. Kemudian jadi Pangdam I/Bukit Barisan dari September 2011 hingga Juni 2013. Jabatan terakhir Lodewijk sebelum pensiun adalah Dankodiklat TNI-AD, menjabat dari Juni 2013 hingga Juli 2015.

Banyak yang terkecoh dengan namanya. Ternyata, Lodewijk adalah seorang muslim yang taat. Bahkan seringkali ia yang mengingatkan agar wartawan beragama muslim tidak lupa menjalankan ibadahnya.

3. Moeldoko

Mantan Panglima TNI Moeldoko juga masuk dalam barisan Jokowi. Moeldoko merupakan Kepala Staf Kepresidenan Indonesia yang telah menjabat sejak Januari 2018.

Ia juga menjabat posisi sebagai Wakil Ketua Tim Nasional Kampanye pasangan Jokowi-Ma’ruf. Moeldoko pernah menjabat sebagai Panglima TNI sejak 2013 hingga 2015 dan pernah menjabat Kepala Staf TNI Angkatan Darat pada 2013.

4. Hinsa Siburian dan puluhan purnawirawan Jenderal TNI

Ini Dia, Jenderal-Jenderal yang Mendukung Jokowi di Pilpres 2019ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Selain itu Wakil Kepala Staf Angkatan Darat Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian juga memberi dukungannya kepada pasangan Jokowi-Ma’ruf. Dukungan ini ia berikan bersama dengan puluhan Purnawirawan Jenderal TNI yang tergabung dalam Cakra 19 yang artinya berdasarkan kata Sansekerta yakni pusat energi, roda atau lingkaran.

Di dalamnya ada Hinsa dan Lodewijk ada juga 12 mantan Jenderal juga masuk dalam kesatuan Cakra 19 yakni Mayjen TNI (Purn) Andogo Wiradi, eks Deputi V Kantor Staf Presiden (KSP), Mantan Kapuspen TNI laksda TNI (Purn) lskandar Sitompoel. Mantan Pangdam l/ Bukit Barisan Wisnton Pardamean Simanjuntak, Mantan Deputi I bidang Hukum Politik Dalam Negeri Kemenkumham Mayjen TNI (Purn) Yudi Harianto dan lain-lain.

5. KSAL Laksamana (Purn) Marsetio

Pendukung Jokowi lainnya adalah mantan KSAL Laksamana (Purn) Marsetio. Marsetio menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Laut dari 2012-2014.

Lulusan terbaik ALL Bumimoro, Surabaya ini masuk dalam tim pemenangan Jokowi dan dipercaya sebagai Dewan Pengarah tim pemenangan Jokowi-Ma’ruf.

sumber: IDNTimes.

(Visited 12 times, 10 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here