Harga Galendo Ciamis Terbaru 2018

0
harga galendo ciamis

Harga Galendo Ciamis terbaru yang dirilis September 2018 mengalami kenaikan dibandingkan bulan sebelumnya. Jika pada Agustus 2018 galendo 250 gram Rp 29.500 di pasaran, bulan ini menjadi Rp 31000. Kenaikan harga tersebut karena melonjaknya harga bahan baku di pasaran.

Di sejumlah pusat oleh-oleh yang ada di Garut dan Tasikmalaya, Galendo Ciamis ini bahkan dijual di kisaran Rp35.000-Rp40.000. Selain dijual di sejumlah toko, galendo Ciamis tersebut dijual secara online di sejumlah marketplace. Misalnya di bukalapak.com dan tokopedia. Tentu saja harganya akan lebih mahal.
Namun kalau mau murah bisa datang ke pasar Ciamis atau ke pabrik galendo di kawasan Cilame Kecamatan Ciamis. Pabrik Galendo yang terkenal itu milik H Ndut yang ngetrend dengan merek Galendo Doyanku. Harga galendo Ciamis pabrikan di sana dijual di kisaran Rp 50.000 per kilogram.

“Kalau yang sudah dikemas mah memang mahal, apalagi yang dijual di internet (secara online) bisa dua kali lipat. Galendo yang di pasar dan di toko itu sebenarnya sama saja,” kata Didin Supriadin salah seorang pedagang galendo di Blok A Pasar Manis Ciamis.

Galendo yang dijual di pasar Ciamis itu adalah galendo original atau asli pisan, belum divariasi atau dicampur. Sebab di pasaran banyak galendo divariasi dengan coklat atau galecok, ada juga rasa stowberi dan lainnya. “Kalau menurut saya mah enak galendo yang asli, harumnya masih terasa,” kata Didin mempromosikan.

Harga galendo yang sudah dikemas dan dijual secara online itu bervariasi antara Rp20.000 sampai 50.000. Beratnya tergantung kemasan mulai 250 gram sampai 1000 gram atau satu kilo. Ahmad Jaenudin pengrajin minyak kelapa di daerah Cigembor mengatakan, kenikmatan galendo yang terbuat residu pembuatan minyak kelapa itu sekarang keasliannya mulai pudar karena banyak dikombinasikan.

“Galendo memang khas Ciamis sudah ada sejak 1839–1886. Saya juga ini bikin galendo secara turun-temurun,” katanya.

Ahmad yang sudah 24 tahun menekuni usaha galendo ini membagikan trik cara membuat galendo agar keasliannya tak pudar. “Kalau galendo asli mah enak sekali terasa gurih,” katanya.

CARA MEMBUAT GALENDO

Parud 10 butir kelapa yang sudah tua
Peras santanya dengan perbandingan 3 liter air untuk 10 butir kelapa
Rebus santan kelapa di atas wajan besar hingga mendidih
Selama proses perebusan harus duperhatikan kondisi tungku, jangan terlalu besar
kalau Sudah Ada serbuk kecoklatan yang tersisa segera pisahkan  Minyak yang dihasilkan itulah yang disebut minyak keletik dan ampasnya  galendo.
Pres serbuk galendo dalam wadah anyaman bambu.
Agar tahan lama sebaiknya jangan disimpan di tempat lembab.

Untuk bisa melihat langsung proses pembuatan galendo bisa langsung datang saja ke PD Rasa Asli Galendo, di Jl. Kapten Harsono Sudiro No. 60 Kab. Ciamis atau ke Lingkungan Cilame Ciamis.

(Visited 19 times, 19 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here