Ini Dia Cuhcur dan Onde-onde Karoehoen dari Ciamis yang Booming di Medsos

0

CIAMIS: Oleh-oleh khas Ciamis kini bertambah lagi, setelah galendo dan sale. Ada cuhcur dan Onde-onde  Karoehoen buatan Aulia Azzahra. Bagi pegila medsos khusunya yang suka buka Grup Facebook wisata Kuliner Ciamis tentunya tak asing lagi dengan cuhcur dan onde Karoehoen.

Dibalik suksesnya Karoehoen ada Aulia Azahra atau Nunung Nursaadah, ibu rumah tangga asal Kawali Ciamis ini memang awalnya penyuka kuliner atau suka olah. Keahlianya membuat kue lalu iseng diupload di media sosial. Karena ingin beda dan gak ada sainyan maka dia jualan  cuhcur dan onde.

“Kalau yang jual sosis, fitza, sirop dan makanan asing mah banyak. Ya saya coba tawarkan cuhcur kue buhun yang nyaris dilupakan orang,” kata warga Jati Sindangrasa Kecamatan Ciamis ini.

Keahliannya membuat cuhcur dari karuhun neneknya di Kawali. Memang keluarganya suka bikin cuhcur untuk dijual di pasar. “Makanya pake namanya Karoehoen karena keahlian membuat cuhcur adalah warisan leluhur,” katanya.

Sebenarnya usahanya itu sudah dirintis dua tahun lalu, tapi baru diseriusi setahun belakangan. Awalnya menjajakan dari kantin sekolah ke warung di perkampungan di Kota Banjar. Tapi setelah pindah ke Ciamis jualan dilakukan secara online melalui grup Facebook wisata Kuliner Ciamis

“Ketika itu saya iseng gabung di grup wiskul, dan unggah foto cuhcur buatan nenek  itu, eh banyak juga yang ngelike dan koment, kemudian minta DO (diantar),” katanya. Pesenan pun mengalir, jangkauanya seputar Kota Ciamis bahkan sampai ke Tasikmalaya. Meskipun yang pesan hanya 10 pcs tapi siap diantar sampai tujuan. “Pelayanan kami memang belum memuaskan, tapi terus berusaha agar pelanggan tak kecewa,” katanya.

Untuk mengantarkan pesanan yang diorder lewat facebook, terkadang dilakukan sendiri atau suaminya. Memang belum optimal, maksudnya belum menjangkau semua pelanggan, karena kendalanya tak ada tenaga kerja. “Pernah saya merekrut karyawan tapi kualitasnya beda, pelanggan banyak yang komplain,” katanya.

Dikisahkan, geliat usaha Cuhcur dan Onde-onde bermula dari kekecewaannya saat ingin menyantap makanan buhun.  Browsing dan ngintip di medsos tak ada yang menjual makanan khas.

Dari situ, Aulia bertekad untuk mengkreasikan sendiri kue mungil berbentuk bulat tersebut. Karena memiliki bakat memasak,  Nungky Aulia dibantu sang suami sukses menghasilkan cuhcur dan Onde-onde bercita rasa lezat. Kelezatan cuhcur dan Onde-  onde buatan mereka ternyata mendapat respon positif dari pecinta kuliner ciamis. Bahkan sejumlah pejabat di Ciamis pun  order.

Alhasil, pasutri ini pun mulai menggeluti usaha bertajuk Cuhcur dan Onde-onde dengan brand Karoehoen. Nunung yakin kue tradisional seperti cuhcur dan Onde-onde masih memiliki tempat di lidah orang Indonesia, apalagi jika diberi sedikit modifikasi dan dipasarkan secara online sehingga tampil lebih modern.

Karena sudah mengantongi formula rahasia, onde dan cuhcur karoehon masih bertahan sampai saat ini. Pelanggan masih tetap setiap melakukan repeat order. Agar tak jenuh, Karoehoen mengembangkan beberapa varian rasa dan menambah produk buhun. Seperti pisang molen.

Ohya bagi yang minat atau pengen nyobain, bisa intip facebooknya Aulia Azzahra. Atau bisa hubungi via WA 085340243906. Cobain aja bisa diantar sampai rumah kok. (maulida/galuhnews.com)

 

(Visited 15 times, 10 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here