Duku Ciamis Terdaftar di Kementerian Pertanian Sebagai Variates Lokal

0

CIAMIS – Kabupaten Ciamis harus berbangga hati, karena salah satu hasil bumi yang dihasilkan di Ciamis yakni buah duku yang yang mayoritasnya berasal dari Dusun Cililitan Desa Karanganyar Kecamatan Cijeungjing Ciamis kini sudah terdaftar di Kementerian Pertanian Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Pertanian Republik Indonesia.

Selain di wilayah Desa Karanganyar, perkebunan duku juga tersebar dibeberapa desa lainnya seperti Desa Kertaharja dan Desa Kertabumi yang masih termasuk di wilayah Kecamatan Cijeungjing.

Buah duku dengan nama spesiesnya Lancium parasiticum (Osbeck) Sahni dan Bannet kini sudah mendapat nama varietas di Kementerian Pertanian RI dengan nama Dukuh Ciamis.

Berdasarkan surat pendaftaran Varietas Lokal dengan nomor pendaftaran 564/PVL/2018 per tanggal pendaftaran 21 Mei 2018, Ir. Deddi Mulyadi sebagai Pjs Bupati Ciamis yang saat itu sebagai pemohon telah mendaftarkan buah duku yang berasal dari Ciamis kepada Kementerian Pertanian RI.

Sebagai Pendeskripsi Varietas sebanyak 3 orang yakni Drs. M. Iskandar Ishaq, MP, Dr. Ir, Yanto Surdianto, MP, dan Yaya Sukarya, Amd. Mereka berasal dari Balai Pengkajian Teknologi Pertanian-Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Jawa Barat langsung datang ke Dusun Cililitan Desa Karanganyar Cijeungjing Ciamis untuk melakukan penelitian terhadap buah duku tersebut.

Bertempat di Bale Dusun Cililitan, mereka melakukan penelitian dengan sample mulai dari daun, buah, ranting, pohon, bunga dan yang lain-lainnya.

Dikutip dari halaman website resmi Dinas Pertanian Perlindungan Varietas Tanaman, disana dijelaskan bagaimana para peneliti satu persatu mulai dari warna, bentuk, ukuran, harga jual hingga omset yang didapatkan dari hasil panen buah duku tersebut. Selain dari detail buah itu, disana juga dijelaskan bahwa hasil buah duku tersebut di jual ke luar daerah Ciamis seperti ke Majalengka, Bandung, Bekasi, Subang dan Jakarta.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dusun Cililitan Awan Kartiwan mengungkapkan kegembiraannya atas apa yang telah dilakukan oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia sehingga keluar surat Tanda Daftar Varietas Tanaman khususnya untuk duku Ciamis ini.

“Kami selaku petani duku dan sebagai pengurus kelompok mengucapkan banyak terimakasih kepada semua elemen yang telah mendukung sehingga terbitnya varietas duku Ciamis”, tuturnya.

Ia menjelaskan berkat kerja keras Kepala Desa Karanganyar, BP3K Kecamatan Cijeungjing, dan Bapak Edi Kusdinar dari UPTD akhirnya proses penerbitan surat PVT tersebut selesai juga.

Senada dengan itu, Kepala Desa Karanganyar Yanto Agus merasa gembira dengan terdaftarnya buah duku Ciamis di Kementerian Pertanian Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Pertanian Republik Indonesia sebagai salahsatu hasil pertanian unggulan yang ada di Ciamis, dengan begitu duku Ciamis akan lebih dikenal oleh masyarakat luas yang berada diluar daerah.

“Saya berharap Pemkab Ciamis untuk terus mengenalkan Duku Ciamis ini ke masyarakat luas, sehingga dari hasil bumi ini bisa lebih memakmurkan masyarakat Ciamis itu sendiri,khususnya jenis duku Cililitan banyak yang belum mengetahui bahwa rasanya lebih manis dibandingkan dengan jenis duku dari daerah lain yang ada di Ciamis ini”, pungkasnya. (Wawan/Galuhnews)

(Visited 4 times, 4 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here