Inilah Tempat Kuliner Mengasyikan di Kota Banjar

3
kuliner banjar

Pernah ke Kota Banjar, Jawa Barat? Kota yang berada di paling Timur Jawa Barat ini memang kota kecil tapi perkembangan kulinernya sangat pesat. Ada beberapa jenis makanan yang patut dicicipi di kota ini.

Apa saja makanan yang enak di Kota perlintasan ke objek wisata Pangandaran ini? Berikut ini catatanya.

1. Pusat Wisata Kuliner di Kawasan Kenanga atau Jalan Hamara Efendy.

Kalau Anda berkunjung sore hari ke sana. Anda akan menjumpai puluhan pedagang ayam goreng khas Banjar. Mereka biasa buka mulai pukul 14.00 sampai pukul 21.00. Harga goreng ayam di sini bersaing. Soal rasa tentu jangan ditanya. Enak banget bro..!. Selain ayam goreng, pada siang hari Anda juga bisa menikmati Mie Ayam Osis yang selalu dijubeli pembeli. Ada juga penjual martabak dan bakso.

2. Rest Area Parungsari

Awalnnya hanya beberapa orang saja yang berjualan di tempat itu, sekarang malah makin banyak ada 200-san kios yang menjajakan aneka jajanan. Dari tahun ke tahun perkembangannya sangat pesat. Bahkan kini menjadi tempat wisata kuliner favorit di Kota Banjar.

Berada di kawasan hutan kota milik Perhutani, lokasinya sangat strategis, yakni perlintasan jalur selatan dan menuju kawasan wisata Pangandaran. Apa saja kuliner di kawasan ini? Yang sangat khas yakni es kelapa mudanya. Kita bisa menikmatinya setelah menempuh perjalanan jauh di bawah pohon rindang. Harganya cuman Rp 5.000 satu buah kelapa. Ada juga aneka juice, dan gorengan serta bakso. Yang suka Soto Betawi juga tersedia di sana. Bahkan di kawasan itu ada ada Rumah Makan lesehan Khas Sunda. Bagi yang suka ngemil tersedia juga aneka snack khas Banjar seperti keripik dan rengginang.

Biasanya lonjakan pengunjung terjadi saat mudik lebaran para pedagang. Ribuan pemudik menuju Jawa Tengah dan Timur melalui jalur selatan akan lewat Rest Area Parungsari. Biasanya para pedagang mengalami lonjakan omset hampir 3 kali lipat dari hari biasanya.

3. Rumah Makan Tenda Biru

Sekitar dua Kilometer dari Rest Area Banjar Anda seharusnya singgah di Rumah Makan Tenda Biru Banjar. Lokasinya dekat Polres Banjar atau di Randegan I Kota Banjar. Rumah Makan ini menawarkan cita rasa berbeda. Menu andalannya adalah cobek ikan dan goreng ayam kampung.
Ayam kampung diolah menjadi sangat lezat dengan racikan bumbu yang lengkap. Rumah Makan yang dirintis oleh Dhoto ini buka mulai pukul 9.00 sampai pukul 21.30 WIB.

Setelah makan, bagi Anda yang ingin membawa oleh oleh Khas Priangan bisa mampir ke Warung Oleh Oleh Noengky Snack. Di sana ada berbagai jenis camilan seperti galendo, aneka sale dan 30 makanan khas Ciamis. Harga yang ditawarkanya pun sangat terjangkau.

4. Rumah Makan Beti

Rumah Makan Beti atau RM Beti lokasinya terletak di Jl. Brigjen M. Isa, Cipandung Kota Banjar, Rumah makan ini menawarkan menu andalan Pepes Lubang dan sidat, lubang dan sidat adalah sejenis belut dalam bahasa daerah setempat, belut dijadikan bahan pepes yang lezat, dengan aroma dari daun kemangi, daun bawang, seledri dengan tekstur daging belut yang lembut dan gurih.

Selain pepes ada menu lainnya yaitu Goreng manuk, manuk atau burung. yang di sajikan adalah burung pela, burung ini diungkep sampai empuk dan digoreng hingga renyah. Burung goreng dihidangkan beserta sambal terasi dan lalapan. RM Beti yang bernuansa bambu ini buka dari jam 07.00 sampai jam 23.00 WIB.

5. Pusat Kuliner Doboku Ligar.

Pusat kuliner ini berada di Bantaran Sungai Citanduy.Pemandangan aliran Sungai Citanduy memiliki daya tarik tersendiri. Dengan demikian, sembari makan juga sekaligus menikmati pemandangan yang indah. Nah di sini anda juga bisa menikmati sate, rujak dan masakan Sunda.

6. Pusat Kuliner Pamongkoran

Di sepanjang Kawasan Pamongkoran Sumanding Kota Banjar juga ada sejumlah rumah makan. Diantaranya Rumah Makan Saung Sawah.

7. Kuliner malam Pasar Langensari
Seperti pula pasar Langkaplancar, pasar Langensari pada siang hari adalah pasar tradisional umum. Pasar Langkap dan Pasar Langen bukanlah pasar kota yang beroperasi penuh setiap hari. Hanya hari Senin, Rabu dan Sabtu untuk Pasar Langen serta Kamis + Minggu untuk Pasar Langkap.

(rev/galuhnews.com)

(Visited 13 times, 13 visits today)

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here