Jumlah DPT Ciamis Sebanyak 920.858 orang

0

CIAMIS-Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Kabupaten Ciamis sebanyak 920.858 orang.

Jumlah tersebut lebih sedikit dibanding jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) sebanyak 921.928.

Hal itu terungkap pada rapat pleno rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) dan penetapan DPT berkaitan Pilkada serentak 2018 (Pilbup Ciamis dan Pilgub Jabar) di aula kantor KPU Ciamis, Kamis (19/4).

“Dari jumlah itu diketahui 14.120 pemilih masih belum perekaman e-KTP. Sebelumnya KPU Ciamis mendapat Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) dari pusat sebanyak 937.312 pemilih,”jelas Ketua KPU Kikom Tarkim.

Menurut Kikim, terkait dengan pemilih yang sudah terdaftar, namun belum perekaman e-KTP sebanyak 14.120, karena memang belum waktunya.

“Sebab, sambung dia, usia mereka belum genap 17 tahun. Tetapi sebelum 27 Juni 2018 mendatang, para pemilih pemula itu berusia 17 tahun,”jelasnya.

Jadi lanjutnya jumlah 14.120 pemilih ini, masuk dalam kategori pemilih pemula.

“Usia 17 tahunnya itu ada yang 23 Juni (2018) atau sebelumnya. Tapi pada prinsipnya sudah masuk database,” tutur Kikim.

Saat waktunya nanti lanjit Kikim Tarkim, para pemilih pemula ini akan diberi surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

“Pasalnya berdasarkan ketentuan, saat datang ke tempat pemungutan suara harus membawa surat undangan pemberitahuan, KTP elektronik atau surat keterangan dari Disdukcapil,”jelasnya.

Kikim menjelaskan dari hasil rapat pleno penetapan DPT ini diketahui ada jumlah yang tidak memenuhi syarat sebanyak lima orang.

” Di antaranya dua orang belum cukup umur dan belum menikah, serta tiga orang meninggal dunia,”tegasnya.

Dijelaskan Kikim Tarkim,pengecekan data pemilih tidak hanya sampai DPT.

“Pasalnya nanti akan ada daftar pemilih tambahan yakin bukan dari pemilih baru, tetapi seperti anggota TNI-Polri yang pensiun dimana itu sangat berpeluang,” pungkas Kikim. (Cecep)

(Visited 8 times, 3 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here