17 Raja se-Nusantara Berkumpul di Unigal Ciamis

0

CIAMIS: Sebanyak 17 Raja se-Nusantara dan puluhan mahasiwa asing hadir dalam rangkaian kegiatan Dies Natalis ke 20 Universitas Galuh (Unigal) Ciamis Kamis (05/04/2018). Dies Natalis kali ini sangat berbeda, dimana para raja berkumpul di Bumi Tatar Galuh. Pertemuan yang dikemas dengan tajuk a “Launcing Intercultural Studies and Cultural Festival berlangsung semarak.

Kedatangan para undangan dari berbagai perguruan tinggi disambut dengan upacara adat dengan menampilkan tarian sunda dari Teater Tangtu Tilu Unigal. Para penari cantik tersebut sangat memikat hati para undangan yang hadir.

Menurut Ketua Panitia Dies Natalis Unigal ke 20 yang juga Wakil Rektor I Unigal, Dr Yagus Triana HS, rangkain Dies Natalis ke-20 Unigal itu juga dimulai dengan Pembukaan Pekan Olah Raga dan Seni selanjutnya ada Launching Intercultural Studies and Cultural Festival. Dalam Launching Intercultural Studies and Cultural Festival” ini tidak hanya raja-raja yang akan hadir, tapi juga perwakilan dosen dan mahasiswa dari sejumlah negara (Malaysia dan Thailand) akan hadir. Temasuk dosen dan mahasiswa dari perguruan tinggi dalam negeri.

“Selain kegiatan tersebut, kebetulan kami juga menggelar acara ethnic gu-summer camp yang akan diikuti oleh mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi dalam dan luar negeri,” katanya.

Yagus menambahkan, kegiatan “Launching Intercultural Studies and Cultural Festival”, awalnya merupakan hasil gagasan sejumlah dosen peneliti yang mendalami tentang masalah sejarah dan budaya kegaluhan.

Dalam hasil penelitian yang ditindaklanjuti melalui Focus Group Discussion (FGD), Yagus mengatakan, terungkaplah bahwa Kerjaaan Galuh ternyata memiliki cakupan makna dan wilayah yang sangat luas. Kerajaan Galuh adalah yang terbsar.

“Selain itu, kami juga punya impian menyulap  Unigal sebagai cultural university atau sebagai kampus yang memiliki brand sejarah dan budaya,” katanya. (YOT)

(Visited 8 times, 5 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here