KPU Ciamis Sosialisasi Pilkada di Lapas Kelas II B Ciamis

0

CIAMIS-Menjelang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2018, KPU Kabupaten Ciamis terus melakukan sosialisasi. Mereka melakukan sosialisasi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Ciamis pada warga Binaan Rabu (4/4/2018).

Komisioner KPU Kab Ciamis Ade Rukmana SH, mengatakan sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada warga binaan mengenai akan diadakannya pesta demokrasi Pilgub dan Pilbup 2018.

Diadakannya Sosialisasi di lapas dilakukan karena KPU menganggap warga binaan di Lapas juga sebagai warga negara yang juga mempunyai hak untuk menggunakan haknya.

“Alhamdulillah saya liat warga binaan sangat begitu antusias dalam mengikuti sosialisasi ini, bahkan hadir semua ke ruangan aula. Semoga saja kesadarannya dalam berpartisipasinya pun bisa berjalan baik setelah diberikan pemahaman,” Ujarnya.

Sementara itu Kalapas Ciamis, Gumilar Budirahayu menuturkan, sangat merespon positif acara sosialisasi yang diberikan oleh KPU ke warga binaan. Ini juga Dalam peningkatan partisipasi masyarakat khususnya warga binaan.

Lebih lanjut Gumilar menuturkan, sampai pada hari ini, warga binaan Lapas II Ciamis, sebanyak 298 warga binaan. Untuk Pilkada Gubernur pemilih Yang sudah terdaftar 232 dan untuk Pilbup sebanyak 110 Warga binaan.

Data tersebut menurutnya untuk di Lapas belum final. Pasalnya belum bisa ditentukan, dan data pun terus bergulir karena ada yang dipindahkan dan ada juga yang masuk.

” Kami optimis warga binaan di sini tingkat partisinya tinggi dan juga akan menyalurkan hak demokrasinya. Apalagi setelah diberikan pemahaman adanya sosialisasi dari KPU. Maka target kami 100 persen,” Ucapnya.

Sementara itu salah satu warga binaan, Ade Novi (30), asal Ciamis, mengaku baru tau siapa saja calon baik untuk Pilgub ataupun Pilbup setelah adanya sosialisasi ke lapas.

Dirinya selaku warga binaan berharap, kalau bisa untuk calon jangan dulu terlalu banyak janji, pasalnya yang dia tahu jarang bagi calon yang sudah menang janjinya itu ditepati. Intinya menurutny Jangan sampai mengecewakan masyarakat.

Warga binaan lain Suci (22), asal Banjarsari menambahkan, dirinya pun baru tahu mengenai calon baik Pilbup atau pun Pilbup. Dan setelah adanya sosialisasi sedikit tergambarkan terutama dalam tata cara memilih.

Namun, dia juga menyayangkan tidak tahu visi misi bagi para calon. Karena selama ini tidak ada satu calon pun yang datang ke sini minimal untuk menyampaikan visi misinya ke depan seperti apa agar bisa diketahuinya. (Cecep/Galuhnews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here