Warga Karanganyar Panen Raya Dukuh

0

CIAMIS-Warga Dusun Cililitan Desa Karanganyar Kecamayan Cijeungjing Kabupaten Ciamis saat ini melakukan panen raya buah duku. Diketahui di lokasi ini terdapat ribuan pohon dukuh. Hampir setiap warga disana memiliki buah kuning tersebut. Warga disana menamakan dukuh lokal ini Dukuh Cililitan sesuai nama daerahnya, yang diyakini sebagai dukuh asli Ciamis.

Dukuh Cililitan memiliki kelebihan tersendiri, rasanya sangat manis. Keberadaan pohon dukuh sudah ada sejak dulu dan turun temurun menjadi warisan keluarga. Hasil dari panen raya seperti ini bisa meningkatkan perekonomian warga sekitar.

Kepala Dusun Cililitan Awan Kartiwan mengungkapkan tahun ini hasil panen lumayan melimpah hingga bisa menambah penghasilan masyarakat untuk mencukupi kebutuhan sehari hari dan kedepannya.

“Alhamdulillah panen tahun ini ada peningkatan dari tahun kemarin sehingga masyarakat sangat senang hasil panennya bisa dinikmati oleh masyarakat sendiri untuk membantu perekonomian,” ujarnya Senin (5/3).

Setiap panen dukuh tiba ada juga warga dari luar yang sengaja datang ke Cililitan untuk memborong dukuh langsung dari pohonnya maupun sudah di panen oleh pemiliknya.

Menurutnya, selain bisa menjual hasil panen dari pohon dukuh sendiri, warga juga biasa menjual dukuh yang sudah berjatuhan. Namun kondisinya masih bagus untuk di konsumsi. Warga mengumpulkan dengan keliling kebun dari satu kebun ke kebun lainnya, lalu dijual ke pengepul. hasil penjualan tersebut bisa menambah nambah kepeluan di dapur.

Seperti Siti Maria, warga Desa Petirhilir Kecamatan Baregbeg ini sengaja mencari dukuh Cililitan untuk dibeli dan hasil dari itu kemudian di jual kembali. Hasilnya bisa untuk menambah nambah keperluan sehari-hari.

“Lumayan untuk nambah-nambah pendapatan dengan menjual dukuh,” katanya. (Wawan/Galuhnews)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here