KPU Ciamis Tetapkan Nomor Urut Pasangan Calon

0

CIAMIS-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis melaksanakan rapat pleno ternuka pengundian nomor urut pasangan calon peserta Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Ciamis tahun 2018 di Islamic Center Selasa (13/2).

Dalam rapat pleno ini pasangan calon Bupati dan calon Wakil Bupati Ciamis Dr Herdiat Sunarya-Yana D Putra (HY) mendapat nomor urut satu (1), sementara pasangan lainnya Drs Iing Syam Arifin-Oih Burhanudin (IO) mendapat nomor urut dua (2). Dalam kegiatan ini dihadiri oleh para relawan dan tim pemenangan dari masing-masing pasangan.

Setelah itu dilaksanakan deklarasi Pilkada damai yang dibacakan oleh Kapolres Ciamis AKBP Nugroho Arianto dan Dandim 0613 Ciamis Letkol Arm Reza Nur Patria.

“Setelah pengundian nomor urut ini, maka tanggal 15 Februari 2018 akan dilaksanakan tahapan kampanye. Dalam kegiatan kampanye sudah tidak ada lagi yang menggunakan fasilitas negara,” ujar Ketua KPU Ciamis Kikim Tarkim usai rapat pleno terbuka.

Dikatakan Kikim, dalam tahapan kampanye ini, KPU Ciamis tidak dalam kontek mengatur jadwal kampanye. Tidak ada zonasi atau lokasi kampanye masing-masing calon. Hal ini berbeda dengan Pilkada Ciamis sebelumnya.

Hanya saja, menurut Kikim bagi pasangan yang akan melakukan kampanya harus memberikan pemberitahuan kepada pihak kepolisian terlebih dahulu, 7 hari sebelumnya. Kemudian tembusan pemberitahuan kepada KPU dan Panwaslu Ciamis.

“Tentu sesuai kewenangannya pihak kepolisian diberikan otoritas mengatur, misal yang telah menyampaikan pemberitahuan lebih dulu, bila ada pasangan lain menyusul akan melaksanakan di tempat sama. Maka tidak diberikan izin,” katanya.

Kikim menegaskan selama masa kampanye tim pemenangan pasangan menyampaikan pemberitahuan, selama itu mereka bisa kampanye.

Terkait dengan deklarasi damai, menurut Kikim hal itu sebagai sebuah sipirit dengan tim kampanye, pasangan calon, aparat keamanan sepakat Pilkada Ciamis damai.

“Jadi kampanye itu merupakan upaya calon menawarkan visi dan misi kepada masyarakat. Diluar itu seperti provokasi, anarkis dan money politik maupun kampanye hitam itu tidak diperbolehkan,” tegasnya. (Cecep/Galuhnews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here