KPU Ciamis Tetapkan Dua Pasangan Calon Pilkada 2018

0

CIAMIS-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis menetapkan dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018. Dua calon tersebut yakni pasangan Dr H Herdiat Sunarya-Yana D Putra (HY), dan pasangan Drs H Iing Syam Arifin-Oih Burhanudin (IO).

Penetapan tersebut dibacakan dalam rapat pleno penetapan pasangan calon yang dihadiri oleh tim pemenangan dua pasangan calon di Aula KPU Ciamis Senin (12/2).

Dua pasangan calon ini sebelumnya telah mendaftar ke KPU Ciamis pada 10 Januari 2018 lalu. Penetapan ini setelah KPU Ciamis melaksanakan beberapa proses. Mulai dari penelitian administrasi, pemeriksaan berkas calon dari dua pasangan calon. Berdasarkan hasil pemeriksaan tes kesehatan, baik sehat jasmani, rohani dan bebas narkoba.

“Jadi di Kabupaten Ciamis ada dua pasangan calon di Pilkada 2018. Keduanya memenuhi syarat,” ujar Ketua KPU Ciamis Kikim Tarkim usai rapat pleno.

Diketahui, pasangan Herdiat-Yana diusung oleh enam partai yakni Gerindra, PBB, Demokrat, PKS, Nasdem dan PAN. Sementara pasangan Iing-Oih diusung lima partai yakni PKB, Golkar, PDI Perjuangan, Hanura dan PPP.

Dikatakan Kikim, tahapan selanjutnya Selasa 13 Februari 2018 KPU akan melaksanakan rapat pleno terbuka pengundian pasangan calon. Setelah kedua pasangan ini mendapat tiket karena ditetapkan menjadi pasangan.

“Besok (hari ini,red) KPU akan melaksanakan pengundian nomor urut oleh pasangan calon, sebagai identitas keikutsertaan di Pilkada 2018,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Ciamis Uce Kurniawan mengatakan setelah mengawasi setiap tahapan yang dilaksanakan KPU. Dimana Panwaslu melakukan pengawasan secara ketat, seusuai yang diamanatkan Bawaslu. Sehingga pihaknya menyatakan penetapan tersebut sesuai dengan proses dan tahapan yang telah ditetapkan.

Sementara itu, Ketua Tim Pemenangan HY Mamat Rahmat mengatakan penetapan ini merupakan momentum awal HY. Pada tahapan kampanye, Mamat bertekad akan meminimalisir pelanggaran kampanye. Pihaknya akan meningkatkan koordinasi untuk memenangkan HY.

“Insya alloh hasil croscek di lapangan pasangan HY mengalami peningkatan, masih dinamis. Kami belum bisa menyatakan karena masih panjang, survei cukup menggembirakan,” jelasnya.

Tim Pemenangan pasangan IO Arief Ismail Chowas mengatakan setelah penetapan ini, pihaknya akan melaksanakan ketentuan KPU termasuk tidak keluar peraturan yang ada, akan melaksanakan tahapan kampanye yang ramah, elegan, santun dan bebas.

“Itu sudah jadi komitmen kami, akan menunjukan kepada masyarakat bahwa melalui Pilkada sebagai ajang pendidikan kepada masyarakat yang harus ditingkatkan kualitas pelaksaan pemilu. Kita terlalu lama pendidikan politik tidak sampai ke bawah, ini harus jadi ajang pembelajaran kepada masyarakat,” katanya. (Cecep/Galuhnews.com)

(Visited 4 times, 3 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here