Pelaksanaan Coklit di Ciamis Berjalan Lancar

0

**Semua Bakal Paslon Didatangi KPU Ciamis Untuk Coklit Serentak

CIAMIS-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis melaksanakan pencocokan dan penelitian (Coklit) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) mulai tanhhal 20 Januari-18 Februari 2018. Hal ini berdasarkan pada peraturan KPU nomor 2 tahun 2017 tentang pemutakhiran data pemilih.

“Alhamdulillah di hari pertama sampai dengan sekarang pelaksanaan Coklit di Ciamis berjalan lancar, mudah-mudahan tetap lancar sampai dengan selesai,” ujar Ketua KPU Ciamis Kikim Tarkim Minggu (21/1).

Kata dia, dalam coklit serentak ini setiap petugas PPDP mencoklit minimal 5 rumah. Dalam melakaanakan pencocokan dan penelitian ini KPU Ciamia melibatkan 2263 PPDP, yang tersebar di 27 Kecamatan.

“Sesuai target dari KPU RI, minimal dapat mencoklit sekitar 11.315 rumah di hari pertama di Kabupaten Ciamis,” katanya.

Sementara Ketua Divisi Program dan Data KPU Kabupaten Ciamis Dr Agus Fatah Hidayat SIP MSi menambahkan Gerakan Coklit Serentak di Kabupaten Ciamis, selain mencoklit penduduk di Kabupaten Ciamis, juga mencoklit pasangan bakal calon Bupati Ciamis.

Keluarga pasangan Drs H Iing Syam Arifin,  H Oih Burhanudin, Dr H Herdiat, dan Yana D. Putra. Para bakal pasangan calon sangat mendukung terhadap gerakan coklit serentak tersebut. Dalam rangka untuk menaikan tingkat partisipasi politik dalam Pilkada Serentak tahun 2018.

Kata Agus, selain bakal pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis, juga di coklit ketua Perhimpunan Penyandang Disabilitas Indonesia Kabupaten Ciamis, Dodo Zakaria yang bertemoat tinggal di Benteng Ciamis TPS I,  serta dari kalangan seniman Gilang Ratna Wulansari yang bertempat tinggal di Lingkungan Kedung Panjang RT 2 RW 2 Kelurahan Maleber.

“Mereka pun sangat mendukung program KPU, agar semua penduduk Kabupaten Ciamis untuk segera di coklit, dengan memperlihatkan KTP-el, Kartu Keluarga, atau surat keterangan dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil,” jelasnya.

Menurut Agus, dalam mendukung kegiatan Coklit ini, seluruh penyelenggara yang ada mulai dari KPU Kabupaten Ciamis, Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) turut mendampingi PPDP di seluruh wilayah Kabupaten Ciamis.

“Yang targetnya sama harus mendampingi mencoklit sebanyak 5 rumah. Alhamdullilah hasil dari Coklit Serentak rata-rata setiap PPDP mencapai lebih dari 10 rumah, artinya lebih dari 11.315 rumah tercoklit pada hari pertama,” ungkapnya.

Sebelum pelaksanaan Coklit, dilaksanakan apel siaga di masing-masing PPK atau PPS, yang juga dihadiri unsur KPU atau sekretariat KPU, PPK, dan PPS. Sehingga semua penyelenggara Pemilu pada hari pertama terlibat dalam proses Coklit.

Dalam mendukung coklit ini, KPU Jawa Barat menyediakan aplikasi smartphone android bernama Sitagis yang dapat di unduh dari Play Store. Nantinya petugas PPDP bisa mengunggah kegiatan coklit dengan minimal mengirimkan 2 foto kegiatan.

“Dengan Coklit serentak 2018 ini dapat menghasilkan daftar pemilih sementara (DPS) yang berkualitas,” pungkasnya. (Cecep/Galuhnews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here