Bakal Calon Jalani Tes Kesehatan di RSHS Bandung

0

**Hasil Tes Kesehatan Diterima KPU Tanggal 16 Januari

CIAMIS-Setelah mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ciamis di hari yang sama, saat ini Kamis (11/1) para pasangan bakal calon Bupati dan bakal calon wakil Bupati Ciamis melaksanakan tes kesehatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin Bandung.

Baik pasangan petahana Iing Syam Arifin-Oih Burhanudin (IO), maupun pasangan Dr H Herdiat Sunarya-Yana D Putra (HY) turut hadir melaksanakan tes kesehatan di Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung selama dua hari, bersama 6 daerah lainnya di Jawa Barat yang sama-sama melaksanakan Pilkada serentak 2018.

Ketua KPU Ciamis Kikim Tarkim menjelaskan para pasangan bakal calon telah mengikuti tes labolatorium urin dan darah sekitar pukul 13.00, yang sebelumnya diawali dengan penjelasan umum. Kemudian para bakal calon dipersilahkan untuk makan setelah berpuasa sebelum melaksanakan tes. Dua jam setelah makan kemudian di tes urin kembali.

“Setelah tes labolatorium kemudian dilanjutkan dengan tes psikologi. Pelaksanaan tes kesehatan ini masih berlangsung sampai besok, akan melaksanakan tes jasmani dan general check up,” kata Kikim saat dihubungi Kamis (11/1).

Kata Kikim, KPU akan menerima hasil tes kesehatan para bakal calon paling lambat pada hari Selasa 16 Januari 2018.

“Mudah-mudahan kesimpulan hasil tes kesehatan dari para bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Ciamis dalam keadaan sehat jasmani dan sehat rohani,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Ciamis dr Aceng Solahudin mengatakan untuk pelaksaan tes kesehatan di Pilkada 2018 ini berbeda dengan Pilkada sebelumnya. Pada Pilkada sebelumnya, KPU menyerahkan sepenuhnya tes kesehatan dipercayakan penuh kepada IDI Ciamis. Pelaksanaan tesnya pun cukup RSUD Ciamis.

“Untuk Pilkada sekarang pelaksanaan tes kesehatan harus di rumah sakit daerah dengan tipe A, jadi dilaksanakan di RSHS. Juga pelaksananya bukan hanya IDI saja tetapi dari Tim yang didalamnya menggandeng beberapa pihak termasuk BNN,” katanya.

Selanjutnya, terkait dengan hasil tes kesehatan itu akan keluar rekomendasi dari tim kesehatan yakni pada Selasa 16 Januari 2018.(Cecep/Galuhnews.com)

(Visited 5 times, 3 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here