2650 Linmas di Ciamis Siap Diterjunkan Dalam Pengamanan Pilkada

0

CIAMIS-Sebanyak 2650 anggota Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) siap dikerahkan dalam membantu aparat kepolisian dan TNI untuk menjaga keamanan di lingkungan selama proses Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Ciamis 2018. Satlinmas merupakan garda terdepan dalam menjaga kondusifitas wilayah.

Guna meningkatkan kemampuan Satlinmas, Satpol PP Ciamis sebagai yang membawahi Satlinmas menggelar Pelatihan Perlindungan Masyarakat kepada Satlinmas di Aula Kecamatan Ciamis Kamis (11/1).

Kepala Satpol PP Ciamis Zaenal Abidin didampingi Kabid Linmas Satpol PP Ciamis Rismunandar mengatakan dalam penanganan menjaga keamanan wilayah, sebanyak 10 anggota Satlinmas disiagakan di setiap Desa/Kelurahan. Untuk di Kecamatan Ciamis sedikitnya ada 120 anggota Satlinmas. Hal ini sesuai dengan peraturan Mendagri nomor 84 tahun 2014 tentang penyelenggaraan Linmas.

“Jadi para Linmas ini ditugaskan dipengamanan wilayah, kerjasama dengan TNI dan Kepolisian. Jadi pelatihan ini Linmas bisa fleksibel, tidak kaku dan ada kebersamaan dengan semua pihak,” ujar Rismunandar.

Kata dia, jumlah Desa di Ciamis sebanyak 265 Desa. Sehingga total jumlah anggota Satlinmas sebanyak 2650 orang. Berbeda lagi dengan Linmas yang ditugaskan disetiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 2 orang yang dikoordinir oleh KPU.

“Jadi tugas Satlinmas ini menjaga lingkungannya secara mobile selama proses Pilkada. Terutama saat pencoblosan 27 Juni. Karena warga berangkat ke TPS dan rumah kosong. Jadi Linmas ini yang mengamankannya,” katanya.

Dikatakan Rismunandar yang biasa disama Aris ini, dalam pelatihan beberapa materi disampaikan, termasuk melibatkan TNI dari Koramil Ciamis, Polsek Ciamis serta Satlantas Polres Ciamis. Diantaranya tugas pokok dan fungsi sebagai anggota Linmas, penanganan huru-hara dan pengendalian massa. Pengaturan lalu lintas, termasuk tata cara berseragam Linmas yang baik.

“Pada intinya secara persiapan kami siap membantu pihak keamanan dalam menjaga lingkungan terutama saat proses Pilkada ini,” pungkasnya. (Cecep/Galuhnews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here