Seni Sisingaan Meriahkan Pentas Seni Desa Cikeruh

0

SUMEDANG-Dalam acara pentas seni yang di adakan di GOR Desa Cikeruh Kecamatan Jatinangor Sumedang, ada satu penampilan seni yang sangat menyedot perhatian penonton yakni seni sisingaan.

Seni sisingaan ini merupakan salah satu seni tradisional perwakilan RW 05, yang tergabung dalam sebuah paguyuban yang dinamakan Grup Paguyuban Ranggon Uyut Jatinangor.

Anggota Paguyuban Ranggon Uyut Jatinangor sendiri terdiri dari mulai anak SD, SMP, SMA, hingga dewasa. Selain sisingaan, paguyuban ini juga biasa menampilkan bajidoran, seni sunda, dangdut dan lain-lain.

Udin atau yang lebih dikenal dengan nama Uyut Jatinangor sebagai sesepuh paguyuban mengatakan Ranggon Uyut ini mendidik anak – anak mulai usia SD untuk mengenal lebih dalam tentang seni tradisional, walaupun sekarang sudah jaman modern tapi kita tetap mengedepankan seni tradisional.

“Mereka kita latih mulai usia dini,untuk waktunya biasanya setiap sore atau di waktu luang, jadi sewaktu – waktu ada pentas mereka tidak canggung lagi karena sudah terbiasa,” ujarnya.

Uyut Jatinangor juga menambahkan selain di bidang seni tradisional, paguyuban ini juga mengayomi bidang karangtaruna yang berada di wilayah RW 05 Desa Cikeruh. (Wawan/Galuhnews.com)

(Visited 5 times, 4 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here