70 Persen Aset Sekolah di wilayah 7 Telah Diserahkan ke Provinsi

0

CIAMIS-Pasca berpindahnya kewenangan SMA/SMK dari Pemerintah Kabupaten ke Pemerintahan Provinsi, otomatis aset masing-masing sekolah dialihkan ke provinsi. Disamping tenaga pendidik dan kependidikan. Namun sampai saat ini setelah satu tahun dialihkan, proses penyerahan aset masih belum selesai.

Berdasarkan data dari Balai Pelayanan dan Pengawasan Pendidikan Wilayah 7 Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat sampai saat ini aset yang ada di wilayah 7 belum sepenuhnya. Baru mencapai sekitar 70 persen.

Diketahui Balai Pelayanan dan Pengawasan Wilayah 7 membawahi empat Kabupaten/Kota yakni Kabupaten Ciamis, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Kuningan.

Pihaknya Dinas Provinsi Jawa Barat sampai saat ini masih terus melakukan pendataan, dibantu Inspektorat dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah di masing-masing daerah.

“Setelah berjalan sekitar 1 tahun ini, kendala yang kami hadapi itu dari masalah aset belum 100 persen terlimpahkan. Kalau dari hasil rapat koordinasi itu baru sekitar 70 persen khususnya untuk wilayah 7,” ujar Kepala Balai Pelayanan dan Pengawasan Pendidikan Wilayah 7 Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat Diding Gusutardy di Ciamis Selasa (14/11).

Kata Diding, permasalahan aset ini harus betul-betul di data secara teliti. Karena nantinya akan berkaitan dengan raihan predikat wajar tanpa pengecualian (WTP) yang telah diraih oleh Provinsi Jawa Barat. Sehingga antara data dengan yang dilapangan harus sesuai. Pihaknya juga meminta bantuan dari BPK.

“Sampai dengan saat ini kami masih melakukan proses pendataan. Begitu juga di setiap sekolah masing-masing melakukan pendataan. Sekarang sudah sinergis tinggal mencocokan data dan dilapangan,” jelasnya.

Untuk mempercepat proses pendataan, pihaknya juga kerap turun ke lapangan dan akan mengumpulkan sekolah-sekolah. Target di akhir tahun di Bulan Desember seluruh aset 100 persen telah diserahkan ke Provinsi Jawa Barat. (Cecep/Galuhnews.com)

(Visited 3 times, 1 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here