Prihatin MTQ Dipindah, Ribuan Warga Kawali Gelar Istighosah Qubro

0

CIAMIS-Sedikitnya sekitar 5000 warga Kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis mengikuti doa bersama dan istighosah qubro sebagai bentuk keprihatinan atas pemindahan lokssi Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kabupaten Ciamis 2017 di Halaman Masjid Agung Kawali Senin (6/10/2017).

Tokoh Masyarakat Kawali yang juga Panitia Istighosah Qubro Daday Hendarman Praja menuturkan masyarakat yang hadir dari berbagai kalangan jumlahnya sekitar 5000 orang. Ditambah partisipasi dari Kecamatan-Kecamatan tetangga antara lain Panjalu, Jatinagara, Lumbung, Rajadesa dan Cipaku.

“Terus terang dengan pemindahan MTQ yang semua dua tahun lalu diputuskan di Kawali. Ternyata menjelang detik-detik persiapan akhir dipindahkan ke Ciamia kota tanpa ada alasan yang jelas,” ujar Daday.

Kata dia, sehingga khususnya warga Kawali dan umumnya Ciamis utara memiliki pemikiran yang lain mengenai pemindahan tersebut. Ada juga yang berpikir berpindahnya lokasi adanya unsur politis.

“Dari kejadian itu, tadinya masyarakat mengusulkan akan melakukan aksi ke Ciamis. Cuma dari kami para tokoh menginginkan kegitanan dengan syiar islam beruma istighosah qubro,” jelasnya.

Menurut Daday, maskud dari istighosah qubro ini untuk mengadu kepada alloh SWT atas penzoliman yang dilakukan kepada warga Kawali. Kalau dilakukan aksi hanya berhadapan dengan orang.

“Intinya masyarakat Kawali menghormati keputusan itu. Kami tidak memaksa untuk tetap dilaksanakan di Kawali. Silahkan saja di kota. Hanya kami memiliki catatan sejarah,” katanya.

Meskipun begitu, Kawali tetap akan mengirimkan kafilahnya untuk mengikuti MTQ 2017 tingkat Kabupaten Ciamis. Walaupun dalam perjalanannya nanti, tidak menutup kemungkinan akan mendapat perlakukan berbeda.

“Kerugian yang kami alami bukan hanya materil saja. Tetali kerugian moril dari panitia lokal kepada masyarakat,” pungkasnya. (Cecep/Galuhnews.com)

(Visited 1 times, 1 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here