Warga Binaan Lapas Ciamis Bersihkan Taman Makam Pahlawan

0

CIAMIS-Sejumlah warga Binaan Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Ciamis melakukan aksi bakti sosial dengan membersihkan dan mengecat lokasi Taman Makam Pahlawan Imbanagara Kecamatan Ciamis Kabupaten Ciamis Kamis (26/10). Aksi ini dalam rangka rangkaian Hari Darma Karya Dika.

Kepala Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Ciamis Gumilar Budi Rahayu menuturkan jumlah warga binaan yang terlibat dalam aksi sosial ini 9 orang, dimana mereka ini tengah melaksanakan program asimilasi sebelum keluar dari Lapas. Ditambah 23 orang petugas Lapas.

“Kami melaksnakan bakti sosial kerja bakti bersih-bersih di Taman Makam Pahlawan Imbanagara dan donor darah,” ujarnya.

Dipilihnya Taman Makam Pahlawan, menurut Budi tujuannya agar warga binaan dan petugas lapas lebih bisa menghargai jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang untuk kemerdekaan Republik Indonesia.

Selain membersihkan rumput liar di sekitaran pemakaman, juga membersihkan batu nisan serta mengecatnya menggunakan warna putih agar terlihat indah.

“Karena bagaimanapun kita bisa hidup aman dan nyaman saat ini berkat jasa para pahlawan. Kami sebagai penerus harus mengisi kemerdekaan ini sebaik-baiknya untuk memajukan negara,” katanya.

Budi menjelaskan, sembilan warga binaan ini telah memenuhi syarat untuk bekerja di luar lapas dalam program asimilasi, karena sebentar lagi para warga binaan ini akan menyelesaikan masa binaannya.

“Dengan bekerja sosial ini supaya ada rasa kebersamaan dan patriotnya. Supaya nanti setelah kembalinya ke masyarakat bisa beradaptasi. Ini salah satu nilai tambah bagi mereka dan untuk kebaikan mereka juga,” jelasnya.

Harapan kedepan, para warga binaan Lapas Ciamis selama melaksanakan masa binaannya/pidananya merupakan terakhir masuk Lapas, dan bisa menjalani kehidupan normal di masyarakat. Setelah keluar dari Lapas tidak melakukan perbuatan yang melanggar hukum.

Sementara itu, salah seorang warga Binaan Ahna asal Kecamatan Kalipucang mengaku semangat dengan aksi bakti sosial di Taman Makam Pahlawan Imbanagara. Menurutnya, kegiatan ini bisa mengingatkan jasa-jasa para pahlawan dulu.

“Semoga kedepannya setelah saya keluar dari Lapas ini mudah-mudahan bisa kembali diterima oleh masyarakat,” jelasnya. (Cecep/Galuhnews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here