TPT Longsor, Ruang Kelas SD di Nasol Terancam Ambruk

0

CIAMIS-Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis pada minggu malam (8/10) menyebakan longsor tembok penahan tebing setinggi 4 meter dan panjang 10 meter sekolah SD N 2 Nasol di Dusun Palasari, Desa Nasol Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis. Akibatnya tiga ruang kelas terancam ambruk dan dua rumah dibawahnya terancam tertimbun longsor.

Wakasek SDN 2 Nasol Yoyo Karyo menuturkan sebelumny sekolah tidak mengetahui tembok penahan tebing sekolahnya ambrol. Namun saat pagi hari sewaktu tiba di sekolah diinformasikan oleh masyarakat sekitar, tembok sekolah ambrol. Kemungkinan besar tembok tidak kuat menahan guyuran air hujan hingga terus menerus.

“Memang tembok itu sudah lama, kemungkinan saat hujan deras dari siang sampai malam tanah tidak kuat menahan air hujan sehingga ambrol,” ungkapnya saat ditemui di lokasi kejadian Senin (9/10).

Kata dia, meskipun mengancam tiga ruang kelas untuk kelas 1, kelas 2 dan 3 namun sampai saat ini kegiatan belajar mengajar masih dilaksanakan diruangan tersebut. Karena belum ada antisipasi untuk memindahkan para siswa ke ruangan lain. Namun bila terjadi kembali hujan dikhawatirkan tanah kembali longsor dan tidak menutup kemungkinan ikut ambruk. Pihak sekolah akan segera merelokasi tempat belajar mengajar ke tempat aman.

“Memang sebetulnya harus diungsikan dulu sebelum ada perbaikan tembok penahan tebingnya, karena kalau dibiarkan kemungkinan bisa ambruk,” jelasnya.

Pihak sekolah mengaku akan segera berkoordinasi dengan pihak UPTD Pendidikan Cikoneng untuk tindakan selanjutnya, dan diharapkan segera ada perbaikan. Kerugian akibat kejadian tersebut
Kerugian diperkirakan Rp80 juta-Rp100 juta. Rumah yang terancam, milik Omo, Wasi dan Nana Karyana.

Tidak hanya mengancam sekolah, longsor di wilayah Kecamatan Cikoneng terjadi di beberapa titik di Dusun Desa tanah longsor setinggi 5 meter dan panjang 10 meter menimbun saluran irigasi untuk mengairi kolam dan sawah milik warga.

Anggota Tagana Ciamis Iman Setiaman menuturkan longsor di wilayah Kecamatan Cikoneng terjadi juga di Dusun Babakan, Dusun Batumalang, Dusun Sigung dua dan Dusun Palasari.

“Memang untuk Desa Nasol ini berdasarkan laporan dari BPBD Ciamis salah satu titik rawan bencana di Ciamis, ditambah setelah musim kemarau hujan terus mengguyur hampir setiap hari,” jelasnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat terutama yang rumahnya berada di dekat tebing untuk lebih waspada. Terlebih pada saat hujan deras dengan intensitas cukup tinggi. Sebaiknya sementara mengungsi ke tempat aman untuk menghindari adanya korban jiwa. (Cecep/Galuhnews.com)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here