Dua Jemaah Haji Ciamis Wafat di Tanah Suci

0

CIAMIS-Jemaah haji asal Kabupaten Ciamis mulai kembali ke kampung halaman. Dimulai dengan kloter 38 JKS yang tiba di Islamic Center Ciamis Senin (18/9). Untuk kloter ini semua jemaah kembali dengan selamat dengan jumlah 402 jemaah. Namun dari kloter lain dua jemaah haji asal Ciamis wafat di tanah suci mekkah.

“Ada dua jemaah haji asal Ciamis yang wafat di tanah suci, keduanya langsung di kuburkan disana,” ujar Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Ciamis Asep Lukman Hakim di Islamic Center Ciamis.

Dua jemaah haji yang wafat yakni Sudirman (70) warga Kecamatan Purwadadi dari kloter 95 dan Endjo (95) warga Purwadadi dari kloter 65. Sementara untuk kloter 38 semua pulang dengan selamat. Dikatakan Asep, untuk yang wafat ini mendapat asuransi jiwa sebesar Rp15,1 juta.

“Untuk surat kematian keduanya sudah diurus oleh ahli waris dan pihak asuransi,  namun untuk dari Kemanag hanya memberi surat penganta,” jelasnya.

Asep mengatakan dalam proses kepulangan jemaah haji, barang-barang perlengkapan seperti koper dan air zam-zam milik jemaah haji terlebih dahulu dipulangkan di Islamic Center.

“Untuk kepulangan jemaah haji kloter 95 dan kloter 65 secara bertahap di bulan ini semua sudah tiba di Ciamis. Semoga semua selamat ke rumah masing-masing,” ungkapnya.

Sementara itu, salah seorang jemaah haji asal Kecamatan Baregbeg Hj Tominah mengaku bahagia dan bersyukur bisa menjalankan ibadah haji dengan lancar dan bisa pulang dengan selamat sampai tujuan.

“Alhamdulillah kami sangat bersyukur bisa berangkat ke tanah suci dan kembali dengan selamat. Kalaunada izin tentu ingin kembali kesana,” pungkasnya. (Syah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here