Elektabilitas H Herdiat Unggul

0

H.Herdiat Kalahkan H.IingCIAMIS,-Bakal calon Bupati Ciamis H.Herdiat unggul telak dibandingkan bakal calon bupati  H.Iing Syam Arifin dan  beberapa kandidat lainya.

Hal itu terungkap dari hasil survei Jaringan Masyarakat Peduli Demokrasi (JMPD) UIN Sunan Gunung Jati Bandung yang bekerjasama dengan DPC Demokrat Ciamis dalam tahapan penjaringan bakal calon (Balon) Bupati Ciamis untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2018.

Diketahui survei tersebut dibiayai oleh para bakal calon yang mendaftar ke partai Demokrat.

DPD Partai Demokrat merilis hasil survei, menunjukan elektabilitas H.Herdiat Sunarya 41,30 persen, angka ini paling tinggi dari kandidat lain. Sementara angka elektabilitas H. Iing Syam Arifin yang saat ini masih menjabat sebesar 37,50 persen.

Survei ini dilaksanakan dari tanggal 1 Agustus – 20 Agustus 2017, dengan jumlah sampling sebanyak 1000 responden. Metode survei yang digunakan yakni Mixed Metode, dengan menggabungkan dua bentuk penelitian kualitatif dan kuantitatif.

“Dalam survei ini prioritas kami kepada 5 nama kandidat yang mendaftar ke Partai Demokrat Ciamis, tetapi di lapangan dan kode etik yang ada nama yang muncul diluar yang daftar juga dijaring, sebagai bagian yang disurvei,” ujar Wakil Ketua I DPC Partai Demokrat Ciamis Nur Muttaqin yang juga koordinator survei dikantornya, Minggu (27/8).

Diketahui ada lima kandidat yang mendaftar ke Demokrat antara lain Herdiat, Iing Syam Arifin, Heri Solehudin, Anjar Asmara dan Didi Sukardi namun kini sudah mengundurkan diri.

Menurut Nur Muttaqin, hasil survei yang dirilis saat ini lebih kepada tataran elektabilitas. Berikut hasilnya disamping nama yang mendaftar juga muncul nama lainnya, posisi pertama H Herdiat 41,30 persen. Posisi kedua H Iing Syam Arifin 37,50 persen. Ketiga Didi Sukardi 3,70 persen. Keempat Anjar Asmara 2,20 persen. Kelima Oih Burhanudin 1,90 persen. keenam Yana D Putra 1 persen. Ketujuh Heri Solehudin 0,50 persen. Kedelapan Nanang Permana 0,50 persen. Kesembulan Irma Bastaman 0,30 persen. Dan lain-lainnya yang belum menentukan sikap 11,10 persen.

“DPC Partai Demokrat Ciamis dan bakal calon tidak melakukan komunikasi dan intervensi terhadap survei. Ini sesuai dengan komitmen sebelum survei, dalam menjaga netralitas. Komunikasi dilakukan hanya dengan koordinator, itu juga hanya koordinasi teknis tidak hal lain,” jelasnya.

Setelah hasil survei pertama ini, Demokrat Ciamis masih melakukan tahapan penjaringan. Akan melaksanakan survei ke 2 pada Bulan Oktober minggu pertama. (Yogit)***

(Visited 6 times, 5 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here