STIKES Muhammadyah Ciamis Berkualitas dan Islami

0

CIAMIS,- Menghadapi masa penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2017-2018, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan (STIKes) Muhammadyah Ciamis, terus berbenah.

Hal ini dilakukan karena semakin meningkatnya minat lulusan SMA/sederajat yang memilih pendidikan tinggi di bidang kesehatan. 

Ketua STIKesMuhammadyah Ciamis,H.DediSupriadi,S,Sos,S.Kep,Ners,M.M.Kes didampingi Wakil Ketua II Nurhidayat,M MKes  mengatakan, peningkatan kualitas pendidikan di STIKes Muhammadyah Ciamis menjadi prioritas utama yang harus dilaksanakan oleh seluruh komponen pendidik. 

“Komitmen untuk mencetak tenaga kesehatan yang berkualitas dan profesional inilah, STIKes Muhammadyah Ciamis siap menuju perguruan tinggi bertaraf nasional dan internasional,” ujar H.Dedi Supriadi.

Dijelaskannya, STIKes Muhammadyah kini sudah memiliki berbagai fasilitas untuk menunjang proses belajar mengajar, diantaranya,gedung asrama baru  3 lantai milik sendiri, ruang kuliah dan perpustakaan ber-AC, didukung dengan perangkat teknologi berupa LCD dan Laptop, 

Untuk lahan praktek kesehatan, lanjut H.Dedi Supriadi, STIKES Muhammadyah disediakan laboratorium perawatan dasar dan lanjut seperti medical bedah, anak, maternis, gawat darurat, komunitas, dan jiwa. Selain itu, laboratorium kebidanan, ibu, anak, KB, laboratorium anatomi fisiologi, laboratorium komputer dan internet, serta laboratorium bahasa asing,laboratorium anatomi,analis kesehatan,sosiologi dan farmasetika.

“Hal ini untuk mengasah kemampuan mahasiswa/i yang dihadapkan langsung dengan pasien,”jelas dia.

Untuk lulusan STIKes Muhammadyah Ciamis, nantinya akan berpeluang besar menjadi tenaga kesehatan yang berkualitas dan profesional di lembaga kesehatan tersebut, baik di Ciamis  maupun di luar daerah 

Dijelaskan H.Dedi Supriadi STIKes Muhammdyah Ciamis mendorong 5  Program Studi (Prodi) di lingkungan perguruan tinggi tersebut yang mampu meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan dan prestasi.

“Hal itu sebagai upaya membuktikan seriusnya dalam mengelola institusi pendidikan kesehatan  agar bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara,” kata H.Dedi Supriadi.

Hal itu sebagai upaya mewujudkan visi dan misi STIKes  Muhammadyah Ciamis yakni terwujudnya sekolah tunggi kesehatan yang berkualitas dan berlandaskan nilai-nilai Islam tahun 2020.

“Dan tentunya hal itu untuk mewujudkan misi yakni menyelenggarakan proses pendidikan dan pemlajaran sesuai standar nasional yang  terintegrasi dengan nilai-nilai Islam,”tegasnya.

Selain itu melaksanakan penelitian dalam bidang kesehatan sesuai dengan bidang keilmuan.

“Melaksanakan pengabdian masyarakat sebagai aplikasi pengembangan ilmu oengetahuan dan nilai-nilai Islam,”jelas dia.

Selain itu membentuk civitas akademis yang berkarakter melalui pengembangan nilai-nilai Islam dan ke-Muhammadyah-han.

Ke-5 prodi tersebut diantarnya,S-1 keperawatan + NERS dengan visi misi menjadi program studi NERS yang unggul dalam bidang pengembangankeperawatan komunitas berdasarkan nilai-nila ke-Idlaman demi kemaslahatn umat di Indonesia di tahun 2020.

Sementarzaa untuk Misi Studi yakni Menyelenggarakan pendidikan dengan sistem dan metode pembelajaran modern yang mengintegrasikan nilai-nilai islam, Mengembangkan penelitian yang berwawasan keislaman sebagai landasan praktek keperawanan, Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat yang didasari hasil riset keperawatan guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat, Mengembangkan suasana akademik yang islami sesuai dengan kepribadian Muhammadiyah.

Program Studi D3 Keperawatan memiliki visi Menjadi Program Studi D-III Keperawatan yang berkualitas di Jawa Barat Tahun 2018. Adapun Misi Program Studi D3 Keperawatan yakni Menyelenggarakan Pendidikan D-III Keperawatan berbasis kompetensi serta berorientasu pada kebutuhan Pasar Kerja, Mengembangkan penelitian di bidang keperawatan sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan ilmu keperawatan, Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan pendekatan model asuhan keperawatan yang profesional, Menyelenggarakan pembinaan Al Islam dan Kemuhammadiyahan untuk mencetak civitas akademika yang religius.

Ketiga Program Studi D3 Kebidanan dengan memiliki Visi Menjadi program studi unggulan yang mampu menghasilkan tenaga kebidanan yang islami, profesional dan berwawasan global sesuai dengan kebutuhan khususnya kesehatan ibu dan anak. 

Misinya antara lain Menyelenggarakan kegiatan pendidikab kebidahan dengab mengedepankan IPTEK dan IMTAQ, Mengembangkan institusi pendidikan sebagai sumber informasi dalam upaya peningkatan kualitas standar pelayanan kebidana. Melaksanakan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat yang berfokus pelayanan kebidanan. Mengembangkan dan meningkatkan kualitas penyelenggaraan pendidikab meliputi sumber daya manusia, sarana dan prasarana, kurikulum, organisasi dan manafemen pendidikan.

Keempat, Program Studi D3 Farmasi dengan Visi Menjadi program studi farmasi yang berkualitas dalam bidang farmasi rumah sakit dan komunitas berdasarkan nilai-nilai al-islam kemuhammadiyahan tahun 2020. Adapun Misinya, diantaranta Menyelenggarakan pendidikan dengan sistem dan metode pelajaran modern mengintegrasikan nilai-nilai islam. Mengembangkan penelitian yang berwawasan keislaman sebagai landasan praktek kefarmasian. Mengembangkan pengabdian kepada masyarakat yang didasari hasil riset kefarmasian guna meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Mengembangkan suasana akademik yanh islami sesuai dengab kepribadian Muhammadiyah. 

Kelima, Program Studi Analis Kesehatan memiliki Visi Terwujudnya Program Studi Analis Kesehatan yang Unggul dalam Bidang Prasitologi Berlandaskan Nilai-Nilai Islam tahun 2020. Adapun misinya, pertama Menyelenggarakan proses pendidikan dan pengajaran di bidang Analis Kesehatan yang berkualitas sesuai standar nasional, berorientasi pada mutu dan kebutuhan pelayanan kesehatan yang unggul dalam bidang parasitologi dan terintegrasi nilai-nilai islam. Menyelenggarakan dan mengembangkan penelitian dasar dan terapan yang bermanfaat untuk pengembangan ilmu bidang Analis Kesehatan utama dalam bidang parasitologi yang bermanfaat untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Membentuk civitas akademik yang berkarakter melalui pengembangan nilai-nilai islam dan kemuhammadiyahan.

STIKes Muhammadiyah Ciamis membuka penerimaan mahasiswa baru 2017/2018 dengan dua jalur penerimaan antara lain Jalur Penerimaan Minat dan Kemampuan (PMDK) waktu pendaftaran untuk gelombang I: 2 Januari – 28 Januari 2017,  gelombang II: 1 Maret-29 Maret 2017, gelombang III : 2 Mei – 31 Mei 2017. 

Dengan persyaratan mengisi formulir PMDK, photocopy Transkrip Nilai Rapot Semester 1 – 5 yang telah dilegalisir dan pas photo hitam putih terbaru 4×6 sebanyak 5 buah.

Sementara untuk Jalur Umum (Tes Tulis) pendaftarannya dibuka untuk Gelombang I : 1 Juni – 15 Juli 2017 dan gelombang II : 17 Juli – 19 Agustus 2017. Dengan persyaratan photocopy ijazah/STTB yang telah dilegalisir atau surat keterangan lulus dari sekolah dan pas photo hitam putih 4×6 terbaru sebanyak 5 buah.

Adapun persyaratan umum antara lain warga negara Indonesia, Lulus SMA/SMK sederajat yang sesuai SPK, SMF, SAA (Sekolah Asisten Apoteker) D3 Keperawatan, S1 Keperawaran. (Advetorial)****

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here