H Herdiat Dengarkan Aspirasi Petani

0

IMG_20170717_134154_HDR-1024x576 CIAMIS-Bakal Calon (Balon) Bupati Ciamis periode 2018-2023 H Herdiat memenuhi undangan para petani di Desa Ciakar, Kecamatan Cipaku dalam rangka syukuran setelah panen di wilayah Desa Ciakar dan sekitarnya, Senin (17/7/17).

Dalam kesempatan ini H Herdiat mendengarkan aspirasi dan keinginan para petani. Terutama untuk meningkatkan produksi pertanian, sehingga bisa meningkatkan kesejahteraan para petani. Setelah selasai berdialog, Herdiat makan nasi liwet bersama para petani dan peternak ikan.

“Kesempatan ini saya bisa berkumpul dengan saudara-saudara sehabis selesai panen, alhamdulillah sudah cukup berhasil,” ujarnya.

Menurut Herdiat, perlua ada peningkatan di sektor pertanian, peternakan dan perikanan harus lebih diperhatikan lagi. Dari mulai pengolahan sampai ke pemasaran lebih terarah dan tertata. Sehingga bisa meningkatkan perekonomiannya masing-masing.

“Kondisi para petani saat ini masih banyak dibawah standar pendapatannya, harus kita tingkatkan untuk lebih sejahtera,” jelasnya.

Herdiat menilai seluruh para petani dan peternak di kabupaten ciamis merupakan saudara, yang juga harus diperhatikan. Terutama diperhatikan oleh Pemerintah Daerah.

“Di Ciamis ini potensi alamnya sangat luar biasa, banyak persawahan dan kolam hampir setiap rumah memiliki kolam. Hanya saja belum dimanfaatkan dengan maksimal. Perlu ada sentuhan lebih terutama dari Pemerintah,” katanya.

Ketua Kelompik Tanu Harapan Mulya Iwan Kartiwa mengaku berterimakasih kepada H Herdiat yang telah menyempatkan hadir dalam syukuran pasca panen di Desa Ciakar. Acara ini dihadiri oleh Desa-Desa lainnya di Kecamatan Cipaku.

“Harapan kami para petani, meningkatkan produksi pertanian di bidang holtikultura, perikanan, bisa meningkatkan produksi padi dari 6 kwintal per 100 bata menjadi lebih meningkat,” jelasnya.

Kartiwa menjelaskan saat ini para petani membutuhkan bantuan dari pemerintah mulai dari bibit-bibit, penyuluhan-penyuluhan dari dinas terkait secara terprogram.

“Selama ini penyuluhan harus petani yang memintah, seharusnya bisa bersama-sama, dinas terkait seperti dinas pertanian memprogramkan penyuluhan secara berkala, dari atas harus turun juga ke bawah, kelihatan sekarang pemerintah kurang respon kepada petani,” ungkapnya.

Para petani berharap kepada Herdiat kedepan bisa mewujudkan apa yang diharapkan para petani. Setelah jadi Bupati Ciamis diharapkan turun ke bawah ke petani. (Sumber : Kabar Priangan)

(Visited 1 times, 1 visits today)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here