Lantaran Miliki Senpi, Kolektor Barang Antik Diamankan Kodim 0618/BS

0

BANDUNG, FOKUSJabar.com : Kolektor barang antik inisial P, H dan M yang kedapatan memiliki senjata organik jenis Revolver kaliber 28 merk Adler Italy Mod tahun 1873 diamankan Kodim 0618/BS. Ketiga orang itu berperan sebagai pengirim, perantara dan pemilik.

Sepucuk Senpi (Senjata Api) organik tersebut ditemukan petugas dalam sebuah paket bok berukuran 15 x 25 cm  dari sebuah ekspedisi jasa pengiriman barang di Bandara Husein Sastranegara.

Dandim 0618/BS, Letkol Inf Agoes Hari Suwanto mengatakan, terbongkarnya pengiriman Senpi organik berawal dari kecurigaan petugas TNI AU yang bertugas mengamankan di Bandara Husein Sastranegara Bandung, Selasa (26/1/2016) lalu.

“Saat diperiksa ternyata itu berisi senjata organik jenis revolver,” katanya kepada wartawan di Makodim, Jalan Bangka, Jumat (29/1/2016).

Dia mengatakan, pihak POM TNI Angkatan Udara berkoordinasi dengan Kodim 0618/BS dan pihaknya pun menyelidik dengan tindaklanjut intelejen untuk mengungkap siapa pemiliknya.

Setelah proses penyelidikan, 28 Januari 2016, pemilik atau pengirim paket tersebut berinisial P ditemukan di kawasan Soekarno Hatta. Dari pengembangan, pihaknya mengamankan dua orang lainnya.

Dari hasil pengembangan, pihaknya menyita beberapa barang antik lainnya, yaitu samurai dan pedang, batu Ali, senjata laras panjang serta berbagai jenis barang lainnya.

” Mereka semua merupakan kolektor barang antik. Paket berisi senjata itu akan dikirimkan ke Sulawesi,” ujarnya.

Semua barang dan tiga orang itu, bakal diserahkan ke pihak Kepolisian untuk diusut lebih lanjut. Modus pengiriman ini dilakukan dengan cara membeli barang secara online dan dikirimkan via paket pengiriman jasa.

Sementara itu, Kas Lid Pamfik TNI AU Husein Sastranegara, Lettu Ahsanul Arifin mengatakan, proses ditemukannya paket berisi Senpi  organik berawal saat Satpom Husein lakukan patroli rutin di Obvit Bandara Husein, termasuk agen-agen pengiriman ekspedisi.

” Saat patroli dapat informasi dari operator X-ray, yang menyatakan ditemukan mirip senjata api,” tambahnya.

Karena itu, pihaknya melakukan pengecekan untuk memastikan penemuan tersebut. Setelah diperiksa ternyata benar paket tersebut berisi Senpi organik jenis Revolver.

Setelah itu, pihaknya berkoordinasi dengan Kodim, Polrestabes dan Polda Jabar untuk ungkap kasus tersebut. ” Pihak Kodim sudah mengamankan pengirimnya. Mereka mengaku dapat barang tersebut dari barbagai sumber di Indonesia,” tegasnya.

(Adi/Bam’s)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here